LEMBAR PENGESAHAN
KURIKULUM MI ISLAMIYAH 01 LEBAKSIU
KIDUL
KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN
TEGAL
Setelah koordinasi dengan Dinas dan nara sumber serta
memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah, maka dengan ini Kurikulum MI
Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul Kecamatan
Lebaksiu Kabupaten Tegal disahkan untuk diberlakukan mulai tahun ajaran 2015 / 2016.
Lebaksiu Kidul,
Juli 2015
Ketua
komite sekolah Kepala
MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
H. Moh. Muhi Mohamad Ali Dahlan, S.Pd.I.
Mengetahui
An. Kepala Kankemenag
Kasi Penma
H. Kasori,
S.Ag.
NIP.
196607041995031002
REKOMENDASI
Berdasarkan hasil
koordinasi dan supervisi pelaksanaan penyusunan Kurikulum MI Islamiyah 01
Lebaksiu Kidul serta dengan memperhatikan :
- Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar
- Langkah yang dilakukan dalam penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
- Saran dan pendapat stakeholder pendidikan yang ada
- Hasil penyusunan Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
Dengan ini Pengawas
Mapendais kecamatan Lebaksiu merekomendasikan Kurikulum MI Islamiyah 01
Lebaksiu Kidul Kecamatan
Lebaksiu Kabupaten Tegal untuk divalidasi oleh Tim Kabupaten Tegal, serta
mendapat pengesahan oleh Kepala Kandepag Cq Kasi Mapenma . Kabupaten Tegal.
Lebaksiu Kidul,
Juli 2015
Kasi Penma Pengawas RA/ MI
Kabupaten
Tegal Kecamatan
Lebaksiu
H. Kasori, M.Pd. Arhamah, M.Pd.I.
NIP.
196607041995031002 NIP. 19680319 199503 2
001
TIM PENYUSUN
TIM PENYUSUN
KURIKULUM MI ISLAMIYAH
01 LEBAKSIU KIDUL
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
KEDUDUKAN DALAM TIM
|
1
|
Mohamad Ali Dahlan, S.Pd.I.
|
Kepala Sekolah
|
Ketua Merangkap
Anggota
|
2
|
Roikhatul Janah, S.Pd.I.
|
Guru Kelas VI
|
Anggota
|
NIP. 196805 12 2000 03 2009
|
|||
3
|
Mafruhah, S.Pd.I.
|
Guru Kelas V
|
Anggota
|
4
|
Solikha, S.Ag.
|
Guru Kelas IV
|
Anggota
|
5
|
Muhammad Arif Makin, S.Pd.I.
|
Guru Kelas III
|
Anggota
|
6
|
Nurmala, S.Pd.I.
|
Guru Kelas II
|
Anggota
|
7
|
Rokhaeni, S.Pd.SD.
|
Guru Kelas I
|
Anggota
|
8
|
Sigit Pamungkas, S.Pd.
|
Guru Penjaskes
|
Anggota
|
9
|
Hijrotussolikha
|
Guru Mapel
|
Anggota
|
10
|
H. Moh. Muhi
|
Komite
|
Anggota
|
11
|
ARHAMAH, M.Pd.I.
|
Pengawas
|
Nara Sumber
|
NIP. 19680319 199503 2 001
|
|||
12
|
H. Kasori, M.Pd.
|
Kasi Mapenda
|
Konselor
|
NIP. 196607041995031002
|
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul telah dapat menyusun Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ). Penyusunan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan salah satu upaya mengimplementasi
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menjadi kegiatan pembelajaran yang
operasional, siap dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik
daerah, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
merupakan pedoman sekolah dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar. Kurikulum
ini disusun dan dikembangkan oleh tim yang terdiri dari Kepala Sekolah,dewan
guru ,dan Komite Sekolah serta tokoh masyarakat setempat yang peduli terhadap
pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ) di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul disusun mengacu pada standar nasional
pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar
nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan,
tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan
penilaian pendidikan. Potensi lingkungan daerah setempat juga ikut mewarnai
kurikulum ini.
Tim
penyusun menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pihak
yang membantu dalam penyusunan Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul kepada jajaran Instansi terkait Seperti Kasi Mapenda dan
beserta Pengawas Mapenda, serta nara sumber lain yang berkompeten.
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN .................................................................................................
i
REKOMENDASI
................................................................................................................
ii
TIM PENYUSUN
................................................................................................................ iii
KATA
PENGANTAR
.........................................................................................................
iv
DAFTAR ISI
........................................................................................................................
v
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………… 1
A. Latar Belakang
…………………………………………………………….. 1
B. Landasan
…………………………………………………………………… 1
C. Tujuan Pengembangan KTSP
……………………………………………... 2
D. Prinsip Pengembangan KTSP
……………………………………………… 2
E. Pengertian
Istilah………………………………………………. ………….. 3
BAB
II TUJUAN
PENDIDIKAN……………………………………………………….. 5
A. Tujuan Pendidikan Dasar
………………………………………………….. 5
B. Visi dan Misi………………………………………………………………..
5
C. Tujuan
Sekolah…………………………………………………………….. 5
BAB III STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM………………………………… 6
A. Struktur
Kurikulum………………………………………………………… 6
B. Muatan
Kurikulum…………………………………………………………. 8
1. Mata
Pelajaran……………………………………………….…………. 8
2. Muatan
Lokal……………………………………………………..……. 13
3. Pengembangan
Diri…………………………………………………….. 14
4. Pengaturan Beban
Belajar……………………………………………… 15
5. Ketuntasan
Belajar………………………………………………………15
6. Kriteria Kenaikan Kelas Dan
Kelulusan………………………………. 17
7. Pendidikan Kecakapan
Hidup………………………………………… 17
8. Pendidikan Berbasis
Keunggulan Lokal dan Global………………….. .18
BAB
IV KALENDER
PENDIDIKAN…………………………………………………. 19
Lampiran
–lampiran
- Silabus…………………………………………………………………………….. 22
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ……………………………………… 23
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) …………………………………………… 24
KURIKULUM MI ISLAMIYAH 01 LEBAKSIU KIDUL
KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL
PROVINSI JAWA TENGAH

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan
paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi
mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan,
termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan
pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum yang merupakan seperangkat
perencanaan dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa
kurikulum di semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip
diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta
didik.
Kurikulum juga dikembangkan
berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia,sehat, berilmu,cakap,kreatif,mandiri
dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Untuk
mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta
didik serta tuntutan lingkungan. Atas dasar pemikiran tersebut maka perlu
dikembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (
KTSP ) disusun dengan mengacu pada standar isi ( SI ) dan Standar Kompetensi
Lulusan ( SKL ) yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Penyusunan KTSP berpedoman pada panduan yang
disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP ) dan ketentuan lain yang
menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.
Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul ini di
kembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
Kurikulum ini disusun oleh tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan
komite sekolah di bawah koordinasi dan supervise Pengawas Mapenda Kabupaten
Tegal serta bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari tim
pengembangan kurikulum.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap
hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila dilaksanakan dalam
proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran di kelas maupun diluar kelas
hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktifitas dan
kreatifitas peserta didik. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum ( para guru )
yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik
hendaknya mampu menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, yang menyenangkan dan
mengasyikan peserta didik. Dengan spirit itulah kurikulum ini akan menjadi
pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul.
B. Landasan
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP,
adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 17 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal
36 ayat (1),(2),(3),(4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Psala 38 ayat (1), (2).
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ketentuan didalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP,
adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat
(6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10
ayat (1), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3),(4),(5); Pasal 17 ayat (1), (2);
Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
- Standar Isi
SI mencakup lingkup materi dan tingkat
kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan
tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum,
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada
setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan
Permendiknas No. 22 tahun 2006.
- Standar Kompetensi Lulusan
SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan
Permendiknas No. 23 tahun 2006.
C. Tujuan Pengembangan Kurikulum
Tujuan Pengembangan Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul ini
untuk memberikan acuan kepada sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya
yang ada di sekolah dalam mengembangkan program-program yang akan dilaksanakan.
Selain itu, Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul disusun
antara lain agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk :
- Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Belajar untuk memahami dan menghayati.
- Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
- Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
- Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang efektif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
D.
Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul dikembangkan oleh satuan pendidikan di bawah
koordinasi dan supervise Pengawas Mapenda Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Pengembangan kurikulum ini mengacu pada Standar Isi (SI ) dan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL ) dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang
disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah.
Kurikulum ini di kembangkan berdasarkan prinsip-prinsip
sebagai berikut :
1. Berpusat
pada Potensi, Perkembangan, Kebutuhan, dan Kepentingan Peserta Didik dan Lingkunganya.
Kurikulum dikembangkan berdasarkan
prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan
kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, serta berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab, Untuk mendukung pencapaian
tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik di sesuaikan dengan
potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan
lingkungan. Memiliki
posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik
2. Beragam dan
terpadu
Kurikulum dikembangkan
dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah,
jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap
perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan
jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan
lokal, dan pengembangan diri secara terpadu serta disusun dalam keterikatan dan
kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan , teknologi dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar
kesadaran bahwa ilmu pengetahuan , teknologi dan seni yang berkembang secara
dinamis. Oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman
belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni.
4. Relevan
dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan
melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders ) untuk menjamin relefansi
pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan,
dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu pengembangan ketrampilan pribadi,
ketrampilan berfikir, ketrampilan sosial, ketrampilan akademik dan ketrampilan
vokasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh
dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi
kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan
disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan
6. Belajar
sepanjang hayat
Kurikulum di arahkan pada proses pengembangan,
pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
Kurikulum mencerminkan keterkaitan unsur-unsur pendidikan formal, non formal,
dan informal dengan memeperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu
berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
7. Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan
kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan
daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka
Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).
E. Pengertian Istilah
- Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan , isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan . Pemahamannya adalah bahwa pada tingkat satuan pendidikan, yaitu sekolah harus di kembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing.
- Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, pencapaian kompetensi untuk penilaian.
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
- Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) adalah batas minimal yang harus dikuasai oleh peserta didik pada setiap kompetensi dasar, oleh sebab itu bagi peserta didik yang belum dapat mencapai batas minimal harus mengikuti remidi.
BAB II
TUJUAN
PENDIDIKAN
A. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B.
Visi Sekolah
Mencetak peserta didik yang Cerdas, Islamy, Beriman,
Bertaqwa dan Berakhlakul karimah serta
Berbudaya.
C. Misi Sekolah
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, efisien sehingga siswa berkembang optimal.
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam hal baca, tulis, hitung, di tiap kelas.
- Meningkatkan pengetahuan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
- Meningkatkan keterampilan siswa sesuai tingkat perkembanganya.
- Meningkatkan ketaqwaan siswa.
- Melatih siswa untuk mengamalkan perintah agamanya dalam praktik di masyarakat.
- Melatih siswa untuk membiasakan diri bertindak dan bergaul secara santun terhadap siapapun.
- Memberi dorongan / motivasi agar siswa mampu bersaing secara sehat dalam meraih prestasi.
- Menumbuhkembangkan agar siswa memiliki daya kreatif dan inovatif.
- Menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa sendiri.
- Menciptakan hubungan tata kerja yang harmonis di semua unsur sekolah dengan semangat gotong-royong dan kekeluargaan.
D. Tujuan Sekolah
- Memilki kelulusan yang berkemampuan dasar “ Baca, Tulis, Hitung “ yang mantap.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat untuk mengikuti pendidikan di SLTP.
- Memiliki lulusan yang mampu bersaing memasuki sekolah unggulan dengan angka penerimaan yang terus meningkat.
- Menjadikan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa.
- Menjadikan budi pekerti sebagai perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari.
- Meningkatkan pengetahuan dan amaliyah ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
- Membina hubungan yang baik dengan seluruh warga sekolah, orang tua dan masyarakat.
- Melaksanakan menejemen sekolah yang mantap.
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada
setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi
yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum
dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi
dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan.
Struktur kurikulum terdiri
dari tiga komponen, yakni komponen mata pelajaran, mauatan lokal, dan
pengembangan diri. Komponen mata
pelajaran dikelompokan sebagai berikut :
- Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
- Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
- Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
- Kelompok Mata Pelajaran Estetika
- Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran
disajikan pada tabel di bawah ini :
No
|
Kelompok
Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1
|
Agama dan Akhlak
Mulia
|
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia
mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan
agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan dan
kepribadian
|
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan
status, hak, dan kewajibanya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan
bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa
dan patriotisme bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender,
demokrasi, tanggungjawab social, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar
pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
|
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu
pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan
berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
|
No
|
Kelompok
Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
4
|
Estetika
|
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan
untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan
mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan
mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup,
maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan
yang harmonis.
|
5
|
Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan
sportifitas dan kesadaran hidup sehat.
|
Komponen muatan lokal dan pengembangan diri merupakan
bagian integral dari struktur kurikulum dan dikembangkan sendiri oleh sekolah.
Struktur kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran
yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I
sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar
kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan
sebagai berikut :
- Kurikulum ini memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada table struktur kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokan kedalam mata pelajaran yang ada, substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Pengembangan diri bukan merupakan mata
pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri
sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan
kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di fasilitasi dan atau dibimbing
oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan
social, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
- Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan ‘IPA terpadu ‘ dan ‘ IPS Terpadu ‘
- Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
- Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam tabel struktur kurikulum MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul.
- Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit
- Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 - 38 minggu
Tabel. Struktur Kurikulum MI ISLAMIYAH 01
LEBAKSIU KIDUL
No
|
Komponen
|
Kelas dan alokasi waktu
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A.
|
Mata
Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Quran Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Aqidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
d. S K I
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
2.
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
3. Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
|
4.
B.Arab
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
|
4.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
|
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
3
|
3
|
2
|
4
|
4
|
4
|
|
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
|
7.
Seni Budaya dan Keterampilan
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
B.
|
Muatan
Lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
|
2.
Bahasa Inggris
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
C.
|
Pengembangan
Diri
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Layanan Bimbingan Konseling
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
|
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
Jumlah
|
31
|
31
|
33
|
39
|
39
|
39
|
*)
Ekuivalen 2 jam pembelajaran
B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan
Agama Islam
Pendidikan Agama Islam di SD/ MI
bertujuan untuk :
1. Menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaanya
kepada Allah SWT.
2. Mewujudkan manusia Indonesia
yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur,adil,etis,berdisiplin, bertoleransi (
tasamuh ),menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam
meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Al-qur’an dan Hadist
2.
Aqidah Akhlaq
3.
B.Arab
4.
Fiqih
5.
Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat dilihat lampiran Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006.
b.Pendidikan Kewarganegaraan
Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SD / MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut :
1. Berfikir secara kritis,
rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
2. Berpartisipasi secara aktif
dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara serta anti korupsi.
3. Berkembang secara positif
dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter - karakter masyarakat
Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa - bangsa lainya.
4. Berinteraksi dengan
bangsa-bangsa lain dalam peraturan dunia secara langsung atau tidak langsung
dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Ruang lingkup mata pelajaran
Pendidikan kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.
Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi : Hidup rukun dalam
perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah
Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam
pembelaan Negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,
Keterbukaan dan jaminan keadilan.
2. Norma, hukum dan peraturan,
meliputi : Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang
berlaku di masyarakat, Peraturan –peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, Hukum dan
peradilan internasional.
3. Hak Asasi Manusia meliputi
: Hak dan kewajiban anak, Hak dan kewajiban anggota masyarakat, Instrumen
nasional dan Internasional HAM, Pemajuan, Penghormatan dan perlindungan HAM
4.
Kebutuhan warga Negara ,meliputi : Hidup gotong royong
,Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan
mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan
kedudukan warga Negara.
5. Konstitusi
Negara meliputi : Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,
Konstitusi – konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, Hubungan dasar
Negara dengan konstitusi
6. Kekuasaan
dan Politik, meliputi : Pemerintahan desa dan kecamatan. Pemerintahan daerah
dan otonomi, Pemerintahan pusat, Demokrasi dan sistem politik, Budaya
politik,Budaya demokrasi menuju masyarakat madani, Sistem pemerintahan, Pers
dalam masyarakat demokrasi
7. Pancasila
meliputi : Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideology Negara, Proses
perumusan Pancasila sebagai dasar Negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideology terbuka.
8.
Globalisasi meliputi : Globalisasi
dilingkungannya, Politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, Dampak
globalisasi, Hubungan Internasional dan organisasi internasional, dan
Mengevaluasi Globalisasi.
Standar Kompetenasi dan
kompetensi dasar mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan dapat dilihat pada
lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
c. Bahasa Indonesia
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia di SD / MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut :
1.
Berkomunikasi secara efektif dan
efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan.
2.
Menghargai dan bangga menggunakan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.
Memahami bahasa Indonesia dan
menggunakanya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti
serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia
mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi
aspek-aspek sebagai berikut :
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
Pada akhir pendidikan di SD/MI , peserta didik
telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dilihat pada Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006.
d. Matematika
Mata pelajaran matematika bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien ,dan tepat dalam pemecahan
masalah.
2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau
menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan
memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsir
solusi yang diperoleh.
4.
Mengomunikasikan gagasan dengan symbol, table, diagram atau
media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5. Memiliki sikap menghargai
kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,
dan minat dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah.
Mata pelajaran matematika pada satuan
pendidikan SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Bilangan
2. Goemetri dan Pengukuran
3. Pengolahan data
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar mata pelajaran matematika dapat dilihat pada lampiran Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 tahun 2006.
e. Ilmu Pengetahuan Alam
Mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD /
MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Memperoleh
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2. Mengembangkan
pengetahuan dan pemahaman konsep- konsep IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengembangkan
rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang
saling mempengaruhi antar IPA,lingkungan , teknologi dan masyarakat.
4. Mengembangkan
keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan
membuat keputusan.
5. Meningkatkan
kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara , menjaga dan melestarikan
lingkungan alam.
6. Meningkatkan
kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturanya sebagai salah satu
ciptaan Tuhan.
7. Memperoleh
bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan
pendidikan ke SMP / MTs.
Ruang lingkup bahan kajian IPA untuk
SD/MI meliputi aspek-aspek berikut :
1. Makhluk
hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya
dengan lingkungan ,serta kesehatan.
2. Benda/ materi , sifat-sifat
dan kegunaanya meliputi : cair, padat dan gas
3. Energi
dan perubahanya meliputi : gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan
pesawat sederhana.
Bumi dan alam semesta
meliputi : tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainya.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat dilihat pada
lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
f. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran IPS bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mengenal
konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.
2. Memilki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang lingkup mata pelajaran IPS
meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Manusia , Tempat dan
lingkungan
2. Waktu, keberlanjutan dan
perubahan
3. Sistem social dan Budaya
4. Perilaku ekonomi dan
kesejahteraan
Standar Kompetensi dan Kompetensi
dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat pada lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
- Seni Budaya dan Keterampilan
Mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Memahami
konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
2. Menampilkan
sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3. Menampilkan
kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan.
4. Menampilkan
peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat local, regional maupun global.
Mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Seni
rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan dan nilai dalam menghasilkan karya
seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya.
2. Seni
musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal,memainkan alat musik,
apresiasi karya musik.
3. Seni bela
diri, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dan apresiasi terhadap
gerakan bela diri.
4. Seni
Drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari
dan peran.
5.
Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skill) yang meliputi keterampilan
personal, keterampilan social, keterampilan vokasional dan keterampilan
akademik.
h. Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut :
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani
serta pola hidup sehat melalui berbagai
aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
4. Meletakan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung
di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
5. Mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama , percaya diri dan
demokratis.
6. Mengembangkan
keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkunganya
7. Memahami
konsep aktifitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai
informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan
kebugaran, terampil serta memiliki sikap yang positif.
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan
jasmani,olahraga, dan kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Permainan dan olahraga
meliputi : olahraga tradisional, permainan, eksplorasi gerak, keterampilan
lokomotor non lokomotor, dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers,
sepak bola, basket, bola voli, tennis meja,tennis lapangan, bulu tangkis, dan
beladiri, serta aktivitas lainya.
2. Aktivitas
pengembangan meliputi : mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan
bentuk postur tubuh serta aktivitas lainya.
3. Aktivitas
senam meliputi : Ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan
dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainya.
4.
Aktivitas ritmik meliputi : gerak
bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
5. Aktivitas
air meliputi : Permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air,
dan renang serta aktivitas lainnya.
6. Pendidikan
luar kelas, meliputi : piknik/ karyawiasata, pengenalan lingkungan,
berkemah,menjelajah,dan mendaki gunung.
7. Kesehatan,
meliputi : penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya
yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang
sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera,
mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan
UKS. Aspek kesehatan merupakan
aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
Standar Kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dapat dilihat
pada lampiran peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006.
2. Muatan Lokal
Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa
Tengah Nomor 895.5/01/2005 tanggal 23 Februari 2005 tentang Kurikulum mata
pelajaran Bahasa Jawa tahun 2004 untuk jenjang pendidikan SD/SDLB/MI,
SMP/SMPLB/MTs dan SMA/SMALB/SMK/MA negeri dan swasta sebagai muatan lokal wajib
di Provinsi Jawa Tengah adalah Bahasa Jawa dan Keputusan Kepala Sekolah Nomor :
423.5/ 25 /2009 tanggal 30 Juni 2009 tentang penetapan muatan lokal Bahasa
Inggris maka di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul melaksanakan
pembelajaran muatan lokal sebagai berikut :
a.
Muatan lokal
Provinsi adalah Bahasa Jawa
Bahasa Jawa sebagai upaya
mempertahankan nilai-nilai budaya (jawa) masyarakat setempat dalam wujud komunikasi dan
apresiasi sastra.
b.
Muatan lokal
Sekolah adalah Bahasa Inggris
Bahasa Inggris sebagai upaya untuk membina
keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk
menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) dalam
menyongsong era globalisasi.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi
tindakan ( language accompaniying action
) dalam konteks sekolah.
2. Memiliki kesadaran tentang
hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa
dalam masyarakat global
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di
SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks
sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis
Keterampilan menulis dan membaca
diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan
Standar Kompetensi dan
Kompetenasi Dasar mata pelajaran Bahasa Inggris dapat dilihat pada lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
Tiap-tiap
muatan lokal beralokasi dua jam pelajaran.
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Berdasarkan kondisi objektif sekolah maka
kegiatan pengembangan diri dipilih dan
ditetapkan sebagai berikut :
A. Bimbingan dan Konseling
Melayani :
1) Bimbingan belajar siswa
2) Bimbingan pribadi siswa
3) Bimbingan Kehidupan sosial
siswa
B. Kegiatan Ekstrakurikuler
1) Kegiatan Kepramukaan
a) Siaga
b) Penggalang
2) Kegiatan Olahraga
a) Bulu tangkis
b) Tenis meja
c) Sepakbola
3)
Kegiatan Kesenian
a) Seni lukis
b) Seni kaligrafi
c) Qiroatil Al-Quran
d) Marching Band
e) Beladiri
C. Kegiatan Pembiasaan
a. Pembiasaan Rutin
Merupakan proses pembentukan akhlak
dan penanaman/pengamalan ajaran islam. Adapun pembiasaan meliputi :
a. Mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru/ orang yang
lebih tua.
b. Sholat Berjamaah.
c. Upacara Bendera.
d.
Tadarus Al-qur’an
sebelum pelajaran di mulai.
b.
Pembiasaan Terprogram
Merupakan proses pembentukan akhlak
dan penanaman/pengamalan ajaran islam. Adapun pembiasaan meliputi :
a. Pesantren
Kilat
b. Peringatan Hari Besar
islam
c. Bimbingan Tilawatil Qur’an
D.
Kegiatan Keteladanan
a.
Pembinaan Ketertiban Pakaian Seragam Anak Sekolah (PSAS)
b.
Pembinaan Kedisiplinan
c.
Penanaman Akhlak Islami
d.
Penanaman Budaya Minat Baca
e.
Penanaman Budaya Keteladanan
- Penanaman budaya bersih
diri
- Penanaman budaya bersih
lingkungan kelas dan sekolah
- Penanaman budaya lingkungan
hijau
- Peringatan Hari Bumi dan
lingkungan hidup.
E.
Kegiatan Nasionalisme dan
Patriotisme
a.
Peringatan Hari Kemerdekaan RI
b.
Peringatan Hari Pahlawan
c.
Peringatan Hari Pendidikan Nasional
F.
Pekan Kreatif Siswa
a. Festival Kompetensi Bahasa
Indonesia
b. Festifal Kompetensi
Memainkan alat musik
c. Festifal Kompetensi
Kerajinan Tangan
d. Festifal Kompetensi Seni
Lukis/Menggambar.
Mekanisme Pelaksanaan Pengembangan Diri
a). Kegiatan Pengembangan Diri diberikan diluar
jam pembelajaran (eksrakurikuler ) dibina oleh konselor, guru-guru yang
memiliki kualifikasi yang baik berdasarkan surat keputusan Kepala Sekolah.
b) Jadwal Kegiatan
No
|
Nama
kegiatan
|
Hari
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Pelayanan BK
|
Senin
|
14.00 - 16.00
|
2
|
Kegiatan Kepramukaan
|
Jumat
|
14.00 - 16.00
|
3
|
Kegiatan Olahraga
|
Rabu
|
14.00 - 16.00
|
4
|
Kegiatan Kesenian
|
Sabtu
|
14.00 - 16.30
|
5
|
Drumband
|
Minggu
|
10.00 - 12.00
|
|
|
|
|
c) Alokasi Waktu
Untuk kelas I s.d VI diberikan 1 jam
pelajaran
Untuk kelas VI diberi kegiatan
bimbingan belajar secara intensif untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah ( US
)
d) Penilaian
Kegiatan pengembangan diri dinilai dan
dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif
Kategori
|
Keterangan
|
A = 86-100
|
Sangat baik
|
B = 76-85
|
Baik
|
C = 56-75
|
Cukup
|
D = 0-55
|
Kurang
|
4.
Pengaturan Beban Belajar
a. Jumlah jam tatap muka
Kelas
|
Satu jam
Pembelajaran tatap
Muka / menit
|
Jumlah
jam
Pembelajaran
Per
minggu
|
Minggu
efektif
Per
tahun
ajaran
|
Waktu
Pembelajaran/
Jam
per tahun
|
I
|
35
|
31
|
35
|
1.085
|
II
|
35
|
31
|
35
|
1.085
|
III
|
35
|
33
|
35
|
1.155
|
IV
|
35
|
39
|
35
|
1.365
|
V
|
35
|
39
|
35
|
1.365
|
VI
|
35
|
39
|
34
|
1.326
|
b. Beban belajar penugasan terstruktur dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul maksimal
40 % dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang
bersangkutan.
c. Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan
praktik di sekolah setara dengan satu
jam tatap muka. Empat jam praktik diluar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.
5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan Belajar didasarkan pada beberapa
pertimbangan, diantaranya :
· Kompleksitas
masing-masing KD/ mata pelajaran
· Kemampuan
daya dukung (sarana prasarana dan SDM )
· Intake
siswa ( input peserta didik )
Berdasarkan
pertimbangan tersebut ditentukan ketuntasan belajar berkisar antara 0-100 %.
Peserta didik yang belum dapat mencapai
ketuntasan belajar minimal yang
ditentukan harus mengikuti program perbaikan (remedial ) sampai mencapai
ketuntasan belajar yang dipersyaratkan namun batas maksimal pelayanan perbaikan
yang di berikan sebanyak … kali. Bagi
siswa yang telah mencapai ketuntasan
belajar minimal sampai 90 % dapat mengikuti program pengayaan (Eurichment ), sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan belajar lebih dari 90 % mengikuti program
percepatan (accelerated ).
6. Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM)
Rekap Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KKM (KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL)
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Al-Qur’an Hadits
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
75
|
|
b. Aqidah Akhlak
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
72
|
|
c. Fiqih
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
74
|
|
d. S K I
|
-
|
-
|
70
|
65
|
70
|
70
|
2
|
P K n
|
68
|
65
|
65
|
67
|
70
|
70
|
3
|
Bhs. Indonesia
|
65
|
64
|
65
|
68
|
70
|
72
|
4
|
Bhs. Arab
|
65
|
65
|
|
65
|
65
|
68
|
5
|
Matematika
|
65
|
64
|
60
|
66
|
67
|
68
|
6
|
I P A
|
65
|
65
|
65
|
69
|
70
|
70
|
7
|
I P S
|
65
|
65
|
65
|
68
|
67
|
70
|
8
|
S B K
|
68
|
68
|
67
|
70
|
70
|
75
|
9
|
Penjas
|
68
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
10
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Bhs. Jawa
|
65
|
65
|
65
|
68
|
67
|
70
|
|
b. B hs. Inggris
|
-
|
-
|
-
|
65
|
65
|
68
|
7. Kenaikan
Kelas dan Kelulusan
Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik
dinyatakan naik kelas apabila memenuhi syarat sbb :
a. Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti.
b. Tidak
terdapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maksimal 3 mata
pelajaran pada semester yang diikuti.
c. Memiliki
nilai minimal “Baik” untuk aspek kepribadian ( sikap, kerajinan, kebersihan dan
kerapian ) pada semester yang ikut.
Penentuan kenaikan kelas
a. Penentuan kenaikan kelas
dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan
nilai prestasi dan kriteria ketuntasan minimal semua mata pelajaran, hasil
penilaian kepribadian, tingkat kehadiran siswa yang bersangkutan.
b.
Tanda kenaikan kelas dituliskan
dalam laporan hasil belajar peserta didik (buku raport)
c.
Siswa yang tidak naik kelas harus
mengulang dikelasnya.
Kriteria Kelulusan:
Sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,
peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul setelah :
a.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.
Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir seluruh
mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok
kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
c.
Lulus Ujian sekolah
d.
Lulus Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional ( UASBN )
Penentuan kelulusan
a. Penentuan siswa yang lulus
dari satuan pendidikan dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru
dengan mempertimbangkan nilai rapor, hasil penilaian kelompok mata pelajaran,
nilai ujian sekolah, nilai UASBN siswa yang bersangkutan dengan kriteria kelulusan
yang telah ditetapkan sekolah sebelumnya.
b. Siswa yang dinyatakan tidak
lulus mendapat surat keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (
SKHUASBN ) ,dan siswa yang lulus diberi ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ahkir
Sekolah Berstandar Nasional ( SKHUASBN ) , dan buku laporan hasil belajar
peserta didik ( buku raport ).
c. Siswa
yang tidak lulus mengulang di kelas terakhir.
8. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan Hidup di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul adalah berbicara dengan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi dengan guru maupun teman
sepermainan.
Adapun pelaksanaannya di
implementasikan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tiap-tiap kelas
serta diluar jam pelajaran.
KELAS
|
KOMPETENSI
DASAR
|
I
II
III
IV
V
VI
|
1. Memperkenalkan identitas diri
siswa
2. Menjawab pertanyaan guru
secara lisan
1. Menyebutkan nama anggota
keluarga
2. Tanya jawab secara lisan
dengan teman
1. Bercerita di depan kelas
2. Berkomunikasi dengan guru dan
teman secara lisan
1. Menceritakan pengalaman dengan
teman
2. Berkomunikasi dengan guru dan
teman secara lisan
1. Berpidato dengan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar
2. Berkomunikasi dengan guru dan
teman secara lisan
1. Wawancara dengan nara sumber
2. Berkomunikasi dengan guru dan
teman secara lisan
|
9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan
Global
Pendidikan berbasis keunggulan lokal di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul adalah
membuat kerajinan dari kayu
KELAS
|
KOMPETENSI
DASAR
|
I dan II
|
Mengenal alat-alat drum Band
|
III dan IV
|
Mengenal bagian – bagian alat Drum Band
|
V dan VI
|
Mempraktikkan dan membunyikan alat-alat Drum Band
|
Pendidikan Berbasis keunggulan Global di MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul adalah
Komputer
KELAS
|
KOMPETENSI
DASAR
|
I
II
III
IV
V
VI
|
1. Mengenal bagian-bagian computer
1. Menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang benar
2. Praktik menghidupkan dan mematikan dengan urutan yang
benar
1. Mengetik huruf dan angka
2. Praktik Mengetik huruf dan angka
1. Mengetik surat pertamaku dengan komputer
2 Praktik Mengetik
surat pertamaku dengan komputer
1. Membuat dan mengetik surat dengan komputer
2. Pengenalan internet
1. Membuat surat
2. Pengenalan internet
|
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk
kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender
pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu
pembelajaran efektif dan hari libur.
Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya
kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada SD/MI
Minggu efektif
belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun
pelajaran pada MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul Kecamatan
Lebaksiu Kab. Tegal
Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran
setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran
termasuk muatan local, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri
Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak
diadakan kegiatan pembelajaran pada MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul Kec.Lebaksiu Kab. Tegal. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester,
jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari
libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
Alokasi waktu minggu efektif belajar, waktu libur dan
kegiatan lainnya pada MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal
Kalender pendidikan pada MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul Kecamatan
Lebaksiu Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016.
ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER
PENDIDIKAN MI
ISLAMIYAH 01 LEBAKSIU KIDUL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
BULAN
|
SEMESTER
|
HARI
|
JUMLAH HARI
|
KEGIATAN
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||||
Juli
|
SEMESTER I
|
1
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
13
|
· 13 Juli
awal belajar semester I
· 13,14,15
Juli awal belajar semester I
·
20 juli 2009 Isro Miroj Nabi Muhammad SAW
|
Agustus
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
23
|
·
17 Agustus HUT Kemerdekaan RI
·
21,22 DAN 24 libur awal Ramadhan
|
|
September
|
1
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
12
|
·
14,15,16,17,18,19 libur menjelang Idul
Fitri
* 21,22, Hari raya Idul Fitri
* 23, 24, 25, 26, 28, 29, Perkiraan Libur
setelah Idul Fitri
|
|
Oktober
|
3
|
3
|
3
|
4
|
5
|
5
|
23
|
·
19,20,21,22, Kegiatan Tengah Semester
|
|
Nopember
|
5
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
24
|
· 27 libur
Hari Raya Idul Adha
|
|
Desember
|
2
|
3
|
3
|
2
|
1
|
2
|
13
|
· 7,8,9,10,11,12
ulangan umum semester
· I Muharam
1431 H
· 19
Pembagian rapor smt I
· 25 Hari
Raya Natal
· 26-31
Libur Smt I
|
|
|
108
|
Jumlah
minggu efektif = 18
|
|||||||
JUMLAH
|
BULAN
|
SEMESTER
|
HARI
|
JUMLAH HARI
|
KEGIATAN
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||||
Januari
|
SEMESTER I I
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
18
|
·
I Tahun Baru 2010
·
2 - 9 Libur Semester I
|
Februari
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
|
|
Maret
|
5
|
5
|
5
|
4
|
4
|
4
|
27
|
|
|
April
|
3
|
3
|
3
|
4
|
5
|
4
|
22
|
·
12, 13, 14, 15,Kegiatan Tengah Semester
|
|
Mei
|
2
|
1
|
1
|
4
|
4
|
5
|
17
|
· 3, 4 ,5,
Tes Kemampuan dasar
· 10, 11, 12,UASBN
Utama
· 17, 18, 19
UASBN Susulan
· 24, 25, 26,
Ujian Sekolah (US)
|
|
Juni
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
16
|
· 7,8,9,10,11,12
Ulangan umu semester II
· 24
Pembagian Rapor Semester II
· 28, 29, 30
Libur semester II
|
|
|
124
|
Jumlah
minggu efektif = 21
|
|||||||
JUMLAH
|
Lebaksiu Kidul, Juli
2015
Keterangan : MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
-
Kalender Pendidikan secara lengkap
Ditetapkan setiap tahun pelajaran dalam
program tahunan sekolah
- Jumlah
jam belajar pertahun = 219 minggu Mohamad Ali
Dahlan, S.Pd.I.
NIP. -
PROFIL MADRASAH
1. Tahun Pelajaran : 2015/2016
2. Sekolah : MI
a. Nama Madrasah :
MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
b. NSS :
c. Status Madrasah :
Swasta
d. Alamat Madrasah
: Dk. Winong RT.
02 RW. 05
Telepon
( 0283 ) 4
e. Kelurahaan :
Lebaksiu Kidul
f. Kecamatan :
Lebaksiu
g. Kabupaten :
Tegal
h. Provinsi :
Jawa Tengah
3. Kepala Madrasah :
a. Nama Lengkap :
Mohamad Ali Dahla,
S.Pd.I.
b. NIP :
-
c. Pangkat dan Gol./Ruang : -
d. Masa Kerja sbg Guru
: 6 bln
e. Masa Kerja sbg Kepsek : 3 bln
f. Pendidikan Terakhir : S-1
g. Fakultas/Jurusan :
Tarbiyah/ PAI
h. Alamat Rumah :
Desa Lebaksiu Kidul RT.
02 RW. 05
Kec. Lebaksiu Kab.Tegal
Telepon : (0283) 462624 HP 0856 4267 1601
4. Diklat/Penataran
yang pernah diikuti oleh Kepala Madrasah
Nama Diklat/ Penataran
|
Tingkat dan Tempat Penyelenggaraan
|
Tahun
|
Lama Diklat
|
NAC
|
Nasional - Bogor
|
2006
|
3 hari
|
Week End Seminar
|
Nasional – Jakarta
|
2006
|
2 hari
|
Quality Leadership
|
Kabupaten – kota
Tegal
|
2008
|
1 hari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.Peserta Didik
No.
|
Kelas
|
Jumlah
Rombongan
|
Laki-Laki
|
Perempuan
|
Seluruhnya
|
1
|
I
|
1
|
22
|
13
|
35
|
2
|
II
|
1
|
14
|
16
|
30
|
3
|
III
|
1
|
11
|
13
|
24
|
4
|
IV
|
1
|
14
|
12
|
26
|
5
|
V
|
1
|
12
|
14
|
26
|
6
|
VI
|
1
|
9
|
5
|
14
|
Jumlah
|
|
6
|
82
|
74
|
155
|
6.Lulusan/ Tamatan (3
tahun terakhir)
Tahun Pelajaran
|
Lulusan/Tamatan
|
Rata-rata Nilai UN
|
Peserta Didik yang Melanjutkan
|
|||
Jumlah
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jumlah
|
Target
|
|
2005/2006
|
|
|
|
|
|
|
2007/2008
|
|
|
|
|
|
|
2008/2009
|
|
|
|
|
|
|
7.Angka Mengulang
Peserta Didik
Tahun pelajaran
|
Kelas
|
Kelas
|
Kelas
|
Keterangan
|
2005/2006
|
|
|
|
|
2007/2008
|
|
|
|
|
2008/2009
|
|
|
|
|
8. Angka Putus Sekolah
Tiga Tahun Terakhir
Tahun pelajaran
|
Kelas
|
Kelas
|
Kelas
|
Keterangan
|
2005/2006
|
|
|
|
|
2007/2008
|
|
|
|
|
2008/2009
|
|
|
|
|
9. Penerimaan Peserta
Didik 3 Tahun Terakhir
Tahun pelajaran
|
Jumlah yang di terima
|
Jumlah pendaftar
|
Rasio yang di terima
|
2005/2006
|
|
|
|
2007/2008
|
|
|
|
2008/2009
|
|
|
|
10.prestasi yang di pernah di raih madrasah dari tahun ke
tahun (akadmik & nonakademik)
Prestasi akademik
|
Prestasi non akademik
|
||||
Tahun
|
Kejuaraan
|
prestasi
|
Tahun
|
Kejuaraan
|
Prestasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.Guru
Ijazah Terakhir
|
Jumlah
|
|||
Guru negri (PNS)
|
Guru tetap(GT)
|
Guru tidak tetap(GTT)
|
Seluruhnya
|
|
S3
|
|
|
|
|
S2
|
|
|
|
|
S1
|
|
|
|
|
D3
|
|
|
|
|
D2
|
|
|
|
|
D1
|
|
|
|
|
jumlah
|
|
|
|
|
12. pegawai Tata Usaha
Ijazah Terakhir
|
Jumlah
|
|||
Pegawai Negri (PNS)
|
Pegawai Tetap(GT)
|
Pegawai Tidak Tetap(GTT)
|
Seluruhnya
|
|
S1
|
|
|
|
|
D3
|
|
|
|
|
D2
|
|
|
|
|
D1
|
|
|
|
|
SMA/SMK
|
|
|
|
|
SMP/MTS
|
|
|
|
|
SD/MI
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
13. Sarana Prasarana
no
|
Ruang
|
Jumlah
|
Luas
|
Keterangan
|
1.
|
Kelas
|
|
|
|
2.
|
Perpustakaan
|
|
|
|
3.
|
Lab IPA
|
|
|
|
4.
|
Lab Bahasa
|
|
|
|
5.
|
Lab Komputer
|
|
|
|
6.
|
Lab.Agama/Musholla
|
|
|
|
7.
|
Keterampilan
|
|
|
|
8.
|
Media ( audio Visual)
|
|
|
|
9.
|
Bimbingan konseling
|
|
|
|
10.
|
Kepsek dan wakasek
|
|
|
|
11.
|
Guru
|
|
|
|
12.
|
Tata usaha
|
|
|
|
13.
|
Km/wc guru dan pegawai
|
|
|
|
14.
|
Km/wc peserta didik
|
|
|
|
15.
|
Uks
|
|
|
|
16.
|
Aula
|
|
|
|
17.
|
Gudang olah raga
|
|
|
|
18.
|
Gudang umum
|
|
|
|
19.
|
Kantin
|
|
|
|
20.
|
Lapangan olahraga
|
|
|
|
21.
|
Tempat parkir
|
|
|
|
22.
|
Taman madrasah
|
|
|
|
23.
|
Green huose
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
orang tua pesera didik
Pekerjaan
|
jumlah
|
%
|
penghasilan
|
jml
|
%
|
Tingkat pendidikan
|
Jml
|
%
|
PNS
|
|
|
< 1 juta
|
|
|
S3
|
|
|
TNI/Polri
|
|
|
1 s.d 2 Juta
|
|
|
S2
|
|
|
Karyawan
Swasta
|
|
|
2 s.d 3 juta
|
|
|
S1
|
|
|
Pedagang
|
|
|
3 s.d 4 juta
|
|
|
Diploma
|
|
|
Petani
|
|
|
4 s.d 5 juta
|
|
|
SLTA
|
|
|
Nelayan
|
|
|
5 s.d 6 juta
|
|
|
SLTP
|
|
|
Lainnya
|
|
|
> 6 Juta
|
|
|
SD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
anggaran madrasah sesuai (RAPBM/APBM)
Tahun Pelajaran
|
Sumber dana
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
Pemerintah
|
Masyarakat/orang tua
|
|
|
|
2005/2006
|
|
|
|
|
2006/2007
|
|
|
|
|
2007/2008
|
|
|
|
|
16.
Potensi Lingkungan Madrasah Yang Di Harapkan Mendukung
Program Madrasah
No
|
Potensi
|
Mendukung proram
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lebaksiu Kidul, Juli 2015
Kepal
MI Islamiyah 01 Lebaksiu Kidul
Mohamad Ali
Dahlan, S.Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar